Strategi IMITASI

Strategi IMITASI
Strategi IMITASI adalah strategi yang meniru strategi perusahaan lain. Dalam buku Managing Imitation strategy,  Steven P. Schnaar menggolongkan strategi imitasi menjad 4 Jenis.
1.    Strategi Pembajakan
Prusahaan yang menjalankan strategi imitasi semacam ini menjual produk dengan merek dan desain produk yang benar-benar sama sehingga sering disebut dengan produk palsu. Strategi ini sudah digolongkan dengan kegiatan illegal.
2.    Strategi Kloning
Prusahaan yang menggunakan strategi ini umumnya benar-benar meniru produk yang telah ada, tetapi dengan merek lain. Misalnya dalam bidang mainan anak-anak, Tyco Toys mengeluarkan produk super blokcs yang meniru lego. Lego menuntut tyco toys, tetapi tidak berhasil, karena lego sesungguhnya juga meniru mainan yang pernah ada tahun 1940-an di Inggris.
3.    Strategi Meniru Desain (Trade dress)
Mislnya L(ó)J : Adidas di tiru dengan Adidus. Pada Adidas, lambang daunya berjumlah tiga, sedangkan pada adidus berjumlah dua.
4.    Strategi Adaptasi Kreatif
Yaitu meniru produk yang sudah ada kemudian mengembangkan atau mengadaptasi untuk diterapkan pada lingkungan yang baru.
Menurut Theodore Levitt, peniru ini disebut innovative imitator. Strategi ini juga disebut sebagai strategi kamuflase atau strategi penyamaran.


Bagi perusahaan besar, menggunakan strategi imitasi hanya dipakai untuk jangka pendek, misalnya Toyota Lexus bersaing dengan BMW dan Wings bersaing dengan Rinso. Adapun perusahaan keccil seringkali di jadikan strategi permanen. Merek-merek kecil pada umumnya Berjaya ketika memasuki pasar atau daerah yang tidak terjangkau oleh merek-merek besar. Strategi ini cocok digunakan untuk  target pasar yang lebih rendah. Dengan memilih target pasar yang lebih rendah, strategi harganya juga lebih rendah dibandingkan dengan merek prusahaan yang ditiru.
Strategi imitasi tidak saja dilakukan dalam konteks produk, tetapi juga dalam strategi promosi dan distribusi. Namun demikian, strategi imitasi ini biasanya hanya dipakai pada saat awal-awal saja kalau menginginkan meraih kesuksesan dalam jangka panjang. Dalam strategi pemasaran, strategi positioning merupakan strategi yang menempatkan produk agar memiliki posisi yang baik di benak konsumen. Dengan demikian, kalau prusahaan tetap memakai strategi ini untuk jangka panjang, ia hanya akan menjadi pengikut, tanpa pernah menjadi prusahaan nomor satu atau market leader JJJ

Copyright_Kardian©2010.eBookGratis

0 comments:

Post a Comment

Menjadikan Hidup Sebagai Sebuah Peluang

Turn your website into a money making machine!

Domain+Hosting+Dll

Make a Name For Yourself with $8.95 Domain Names :DomainIt - offering domain names for $8.95 and web hosting for $7.95 a month. review www.kardiangratis.blogspot.com on alexa.com
Earn Cash With Your Website. $50 Signup Bonus.

Tukar Link Yea

eBook Gratis